Catatan Akhir Tahun 2018: MOVING FORWARD!

Posted by By at 31 December, at 13 : 50 PM Print

 

Menilik kilas balik Indonesia 2018, Indonesia diwarnai dengan berbagai peristiwa yang sangat menyita perhatian publik. Mulai dari rentetan bencana yang menimbulkan banyak korban hingga prestasi luar biasa yang patut dibanggakan. Faktor tekanan ekonomi global yang masih tidak menentu dan hiruk pikuk politik domestik berpengaruh besar terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

Sebagai “Tahun politik”, Indonesia 2018 telah mencapai catatan besar dalam sejarah penyelenggaraan pilkada serentak. Hasil pilkada serantak ini telah memicu munculnya pemimpin-pemimpin muda (millennial) yang berhasil memenangkan pemilu dan menjadi kepala daerah di beberapa daerah.

Sepanjang tahun 2018, generasi muda yang terkategorikan sebagai generasi milenial Indonesia menjadi salah satu topik yang paling hangat untuk dibicarakan. Kami juga melakukan riset terhadap perilaku generasi milenial, dan kami menemukan sembilan perilaku generasi milenial Indonesia. Millennial power di tahun 2018 tidak dapat diragukan lagi, hal ini pula yang akan menjadi penentu pemilu 2019.

Dalam Outlook Indonesia 2018 yang kami terbitkan satu tahun yang lalu kami mengatakan bahwa ada dua trend yang menguat di 2018 yakni trend digital dan leisure yang kami singkat menjadi eleisure. Kami melihat trend e-leisure akan tetap menguat ditahun 2019, namun demikian ada satu trend yang akan sangat berpengaruh terhadap masyarakat Indonesia pada tahun 2019, trend tersebut adalah mobile digital.

Berikutnya, pada aspek politik, semakin mendekati hari H pemilu 17 April 2019, masing-masing capres-cawapres terus bergerak untuk meyakinkan dan mendulang suara pemilih. Setidaknya ada 3 isu utama yang akan terus mewarnai politik Pilpres 2019, yaitu Populisme Agama, Pemilih Muda, dan Isu Ekonomi.

Di 2019 sebagai tahun politik sebaiknya tidak perlu dipandang sebagai hal yang menakutkan. Berbagai Berita, Fakta, Isu terkait Kepimimpinan Nasional merupakan dinamika yang perlu dipahami sebagai proses politik. Dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum di Indonesia telah berjalan selama 4 kali , sejak tahun 1955 hingga terakhir tahun 2014 dapat dilalui dengan aman. Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia memiliki daya tahan kuat dalam berbagai proses politik. Oleh karena itu tetaplah melangkah dengan inovasi tiada henti.

“We keep moving forward, opening new doors, and doing new things, because we’re curious and curiosity keeps leading us down new paths.”
– Walt Disney
  • Outlook Alvara 2019 selengkapnya kami dituangkan dalam “Catatan Akhir Tahun 2018: MOVING FORWARD!yang bisa di-download pada link berikut:

    Catatan Akhir Tahun Alvara 2018

 

Indonesian Consumer Marketing : News & Insight Social Politic : News & Insight , , , , , ,

Leave a Reply