Survei Alvara: Agus-Sylvi Turun Drastis, Ahok-Djarot Tetap Tertinggi

Posted by By at 13 February, at 15 : 44 PM Print

Paslon Agus-Sylvi (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com – Alvara Research Center melakukan survei terhadap calon gubernur DKI Jakarta beserta wakilnya. Dari survei diketahui bahwa elektabilitas pasangan nomor dua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat ada di urutan pertama dengan suara sebanyak 38,3 persen, lalu pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di posisi kedua dengan suara sebanyak 32,6 persen.

Posisi terakhir ada pada pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan suara sebanyak 20,1 persen serta yang tidak memilih sebanyak 9 persen.

Direktur Eksekutif Alvara, Hasanudin Ali menerangkan bahwa, survei itu dilakukan pada tanggal 6-8 Februari dengan metode Multi-Stage Random. Di mana margin erornya sekitar 3,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut dia, dari survei yang dilakukan, tiga pasangan calon memiliki popularitas yang sangat tinggi. Ketiganya kata Hasanudin memiliki popularitas di atas 90 persen di mata warga Jakarta.

“Ahok-Djarot 100 persen, Agus-Sylvi 100 persen dan Anies-Sandi 99 persen,” kata dia ketika merilis hasil surveinya, Jumat (10/2). Tingginya angka popularitas kata dia karena andil dari media massa dan media sosial dalam mempromosikan pasangan itu.

Untuk pasangan Ahok-Djarot kata Hasanudin, unggul dalam hal yang pertama kali dikenal dan dianggap paling layak untuk menjadi DKI 1. “Ahok-Djarot untuk hal paling disukai, paling layak dan dikenal selalu unggul. Angkanya selalu hampir 50 persen, sementara posisi kedua dan tiga disusul Anies-Sandi dan Agus-Sylvi,” tutur dia.

Lalu angka elektabilitas Ahok-Djarot yang unggul dari dua pasangan lainnya menurut Hasanudin hampir menang di seluruh areal Jakarta. “Hanya di Jakarta Selatan Ahok-Djarot kalah, mereka kalah dari Anies-Sandi,” tambahnya.

Dia lantas menuturkan bahwa survei kali ini adalah survei kedua yang mereka lakukan. Di mana survei pertama dilakukan pada pertengahan Januari 2017 lalu. Dari survei kedua diketahui angka elektabilitas Agus-Sylvi sangat turun.

“Pada survei awal, pasangan Agus-Sylvi memiliki 31,8 persen, kini hanya 20,1 persen. Artinya dalam sebulan mereka kehilangan 11,6 persen suara,” bebernya.

Kemudian untuk pasanan Anies-Sandi mengalami peningkatan dari survei terdahulu. Sebelumnya pasangan nomor urut tiga itu hanya memiliki 22,2 persen dan sekarang menjadi 32,6 persen. “Artinya mereka naik 10,3 persen,” ucapnya.

Dan untuk pasangan petahanan Ahok-Djarot menurut Hasanudin mengalami peningkatan dari survei pertama mereka. Sebelumnya hanya 34,8 persen dan sekarang menjadi 38,3 persen. “Untuk angka yang tidak memilih menurun, bila sebelumnya ada 11,3 persen yang tidak memilih sekarang menjadi 9 persen,” ucapnya lagi.(elf/JPG)

 

Sumber: http://warta.jawapos.com/read/2017/02/10/108805/survei-alvara-agus-sylvi-turun-drastis-ahok-djarot-tetap-tertinggi

edisi: JUMAT, 10 FEB 2017 18:54

Social Politic : News & Insight , , , , ,

Leave a Reply