WHITEPAPER: “INDONESIA MIDDLE-CLASS MUSLIM: RELIGIOSITY AND CONSUMERISM”

Posted by By at 8 March, at 11 : 07 AM Print

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dengan pertumbuhan kelas menengah yang signifikan. Kelas menengah dan muslim  atau lebih dikenal middle-class muslim adalah dua entitas yang sangat menarik untuk dikaji, karena muslim diajarkan untuk zuhud, mengenal halal haram dan senantiasa membantu orang lain melalui zakat, infaq dan sedekah. Sedangkan kelas menengah merupakan kelompok yang diukur dari besarnya pengeluaran, dan identik dengan konsumsi yang berlebihan. Hal ini tentu merupakan dua sisi entitas yang cukup berbeda.

Untuk mengkaji sisi religiusitas sebagai sisi identitas muslim dan juga konsumerisme sebagai sisi identitas kelas menengah, maka Alvara Research Center melakukan sebuah riset independent. Riset dilakukan  terhadap 1200 kelas menengah muslim di 6 kota besar di Indonesia yang meliputi Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Makassar, Medan dan Semarang. Sisi religiusitas didekati dengan perilaku dalam beribadah dan juga kedekatan dengan ormas Islam, sedangkan sisi konsumerisme didekati dengan kepemilikan produk-produk financial dan juga pola pengeluaran (expenditure).

Hasil riset dituangkan dalam whitepaper “Indonesia Middle-Class Muslim: Religiosity and Consumerism”. Temuan-temuan menarik dalam kajian ini, kami tuangkan cukup jelas dalam tulisan ini. Bagi Anda yang tertarik dengan kajian ini, bisa download pada link berikut:

DOWNLOAD WHITEPAPER

Indonesian Consumer Marketing : News & Insight Social Politic : News & Insight , , , , ,

Leave a Reply